Sabtu, 03 Desember 2011

Lakukan Konservasi Sumber Daya Air !!!

 




     Kebutuhan akan sumber daya air merupakan kebutuhan yang paling penting bagi hidup manusia.Tak bisa dibayangkan kalau sumber daya air lenyap dari dunia ini.Mengingat juga kalau manusia bisa bertahan hingga seminggu tanpa makanan namun tak bisa bertahan seharipun tanpa air.Oleh sebab itu keberadaan sumber daya air harus selalu kita jaga agar tidak terjadi kerusakan-kerusakan yang dapat mengancamnya.
     Namun akhir-akhir ini terjadi banyak masalah dan ancaman yang mengancam sumber daya air.Kita lihat bukti realnya saja.Kali Berantas yang dulunya merupakan sumber kehidupan bagi masyarakat di sekitarnya kini telah menjadi tidak lebih dari saluran air yang digunakan untuk membuang limbah dan sampah bahkan kotoran manusia.Saya tidak habis pikir ,kenapa ada orang yang tega melakukan hal semacam itu.Padahal sudah lama Kali Berantas menjadi sumber air masyarakat.Apa orang yang membuang sampah dan limbah ke sungai tidak pernah berfikir apa dampak dari perbuatan mereka? Kini generasi yang ada hanya bisa mengetahui bahwa Kali Berantas itu jernih dan banyak ikannya hanya dari buku-buku saja
      Cara mengatasi kasus seperti ini memang sulit dan tidak secepat yang kita bayangkan.Salah satunya adalah dengan aksi penanaman 1 juta pohon yang sedang gencar-gencarnya dilakukan saat ini.Apa kalian pernah berfikir sejenak tentang  hubungan pepohonan atau hutan  dan sumber daya air?Selain sebagai penyuplai oksigen bagi dunia,hutan juga menentukan keberadaan sumber daya air.Akar-akar pohon yang besar dan kuat dapat menyimpan air didalamnya.Memang belum banyak orang yang  mengetahui tentang ini.Kita lihat saja di daerah Wonosalam Jawa Timur . Dulu sebelum terjadi penebangan pohon hutan, di sana ada sekitar 44 mata air yang menghidupan beberapa ratus kepala keluarga .Namun sekarang hanya tersisa 29 mata air saja.Sunggauh sangat disayangkan hal semacam ini dapat terjadi.
     Ya memang ada usaha penghijauan dari pemerintah, tapi tidak ada kelanjutannya.Dan seakan-akan pemerintah hanya mengambil keuntungan dari usaha ini.Apa sebenarnya yang dipikirkan pemerintah saat ini??Ini bukan untuk saya atau anda tapi untuk kita semua.
     Melihat hal semacam ini sudah waktunya kita melakukan perubahan untuk melindungi keberadaan sumber daya air.Janganlah kita melakukan sesuatu untuk mendapatkan keuntungan saja.Tapi lihatlah efeknya bagi orang lain.
     Selain menjaga keberadaan sumber daya air kita juga harus menjaga kualitas sumber daya air.Seperti dengan melakukan water monitoring
 
seperti yang ada dalam  gambar tersebut,beberapa anak remaja melakukan water monitoring di daerah Wonosalam bersama dengan orang-orang dari Ecoton.
    Water monitoring dilakukan untuk mengetahui kualitas sumber daya air yang mengalir dari sumber air dengan cara melihat tingkat organisme yang hidup di sepanjang hulu (mata air /sumber) hingga hilir yang dapat dijadikan patokan apakah air di situ tercemar atau tidak.
    Tak hanya itu di beberapa daerah bahkan sudah menciptakan sekolah yang mencintai dan menghargai sumber daya air.Dimana para siswanya diajarkan cara merawat dan menjaga sumber daya air yang ada di sekitar mereka.Agar kelak generasi selanjutnya juga dapat merasakan kesegaran air yang tiada duanya langsung dan bukan dari cerita generasi sebelum mereka
    Sekarang adalah ini bukan hanya tugas tapi kewajiban bagi kita semua untuk menjaga sumber daya air.Jika hanya bertindak kalau mendapatkan keuntungan saja,hewan pun juga bisa.
    Dan selalu ingatlah bahwa air itu adalah sumber kehidupan tapi,ingatlah juga bahwa air itu sendiri hidup.Air perlu dicintai ,disayangi ,dan dijaga bersama .

5 komentar:

Anonim mengatakan...

air sumber kehidupan...
ayo dijaga dan dilestarikan...

siippppppp bos... ^_^

Anonim mengatakan...

brapa ribuan liter air yang telah kita sia-sia.
sedangkan warga di wilayah lain sedang terkena kekeringan.
banyak juga sungai-sungai yang sudah tercemar yang mengakibatkan ekosistem air mengalami gangguan.
kita sebagai generasi muda patutnya mulai dari sekarang menjaga sumber mata air kita.
karena air adalah sumber kehidupan.....

Anonim mengatakan...

saat ini kita tidak pernah lagi melihat anak* bermain dan mandi di sungai, padahal dulu masih kita ingat bagaimana asiknya kita main di sungai-sungai yang bersih...
namun sungai itu skarang sudah tercemar dan sungguh tidak layak disebut sebagai sungai..
sekarang saatnya kita sebagai generasi muda, mencari cara bagaimana mmecahkan masalah ini...

Anonim mengatakan...

paling nggak, sudah ada beberapa lembaga yg turut membantu melestarikan air di wonosalam.. kita tinggal mengembangkan atau membatu dengan cara lain, baik itu di wonosalam ato sumber mata air lainnya

Jefry mengatakan...

Usaha yang akan membantu kita untuk tetap mendapatkan suplai air bersih
nice share

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by SI-Blog | Bloggerized by Frenkyh - poetraasries