Senin, 21 Februari 2011

BONDAN PRAKOSO & FADE 2 BLACK

BONDAN PRAKOSO & FADE 2 BLACK
Sekali kali testimoni tentang musik, khususnya dalam negeri yang makin nggak jelas dengan lagu murahan, dan ini hanya pendapat pribadi.
Ditengah musik musik aliran alay yang sedang ngetrend, saya salut dengan satu group hasil kolaborasi Bondan Prakoso dengan Group Rap Fade2Black. Mungkin dari style mereka yang nge-rap, mereka terkesan gaul. Namun mereka termasuk kreatif dan unik, bolehlah kalo dibilang isi lagu-lagunya bermutu.




Lagu pertama yang mendapat perhatian dan termasuk terkenal adalah : Keroncong Protol. Memasukkan unsur keroncong dalam musik rap dan funk adalah bisa dibilang yang pertama. Dan yang tetap ditonjolkan adalah permaian bass dari Bondan Prakoso (entah kenapa saya suka musik yang menonjolkan permaian bass).

Ketika mendengar nama Bondan Prakoso, ingatan saya teringat ketika waktu SD atau SMP kelas 1. Waktu itu terkenal lagu anak-anak Si Lumba-lumba.



Ketika ada satu band bernama Funky Kopral, salah satu personelnya adalah Bondan. Saya pikir dia akan jadi vokalisnya, lho kok main bass?
Bondan baru kembali ke vokal setelah berkolaborasi dengen Fade 2 Black. Mereka sudah mengeluarkan 3 album. Album pertama Berjudul Respect sepertinya kurang terkenal karena masih nge-rap banget. Album kedua Unity terkenal dengan Keroncong Protolnya. Album ketiga (For All) sedang terdengar di mana-mana dengan Ya Sudahlah.



Untuk album terakhir For All, terdapat bermacam variasi style musik. Ada yang funk, punk, ska, rap murni, bahkan ada lagu dengan musik 80-an di lagu Tidurlah.
Saya tertarik dengan lirik lagu-lagu mereka. Isinya tidak murahan, bahkan kita tidak akan jengah bila mendengar Ya Sudahlah dinyanyikan anak kecil. Bandingkan kalo kita mendengar anak kecil menyanyi A..a..a..a..Aishiteru atau bahkan C.I.N.T.A.
Banyak kritik sosial yang disajikan dengan halus dan bisa dicerna anak muda. Lagu Sang Juara adalah lagu yang bertujuan membangkitkan semangat. Lagu Bumi ke Langit, In My Opinion adalah tentang : Shalat. Lagu Kita Selamanya dalah tentang persahabatan. Bahkan lagu bergenre punk : S.O.S berisi keresahan anak muda tentang kehidupan KAPITALISME, sangat jarang sekali yang seperti ini, lagu sekarang isinya hanya menikmati hidup.

sumber: http://maskurmambangblog.wordpress.com/

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by SI-Blog | Bloggerized by Frenkyh - poetraasries